twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

AS Bantu Sistem Radar Maritim ke Indonesia


IMSS Coastal Surveillance System

BATAM - Duta Besar AS untuk Indonesia Cameron R Hume dalam sebuah upacara pemotongan pita di Pusat Komando TNI Angkatan Laut Batam menyerahkan bantuan senilai $56 juta dalam bentuk sistem radar pesisir dan atas kapal, yang meliputi 16 unit radar pesisir, 11 radar kapal, satu perangkat perlengkapan markas besar dan dua pusat komando regional.

Siaran pers Kedutaan Besar Amerika Serikat yang diterima redaksi Jurnal Nasional, Rabu (30/6), menyatakan Pemerintah Indonesia dan AS secara aktif berkerjasama dalam perencanaan dan pemasangan sistem tersebut. Indonesia saat ini memiliki salah satu dari Sistem Pemantauan Maritim Terpadu (Integrated Maritime Surveillance Systems) yang terpanjang di dunia. Jaringan ini meliputi lebih dari 1.205 kilometer daerah pesisir di Teluk Malaka dan sekitar 1.285 kilometer daerah pesisir di Laut Sulawesi.

Bantuan ini dimaksudkan untuk menjamin bahwa Indonesia memiliki kemampuan untuk mendeteksi, melacak dan mengawasi setiap kapal yang melewati lautan Indonesia dan internasional. Kemampuan ini akan membantu Indonesia dalam memerangi pembajakan di laut, penangkapan ikan ilegal dan penyeludupan barang maupun orang, sekaligus juga memberikan gambaran situasi yang lebih jelas untuk menjaga perbatasan Indonesia dan memerangi terorisme.

0 komentar:

Posting Komentar