twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Surga alam Sri gethuk tersembunyi di jogjakarta

Sri Gethuk adalah sebuah air terjun indah tersembunyi di desa daerah Playen Gunung Kidul, Yogyakarta. Begitu dengar nama Gunung Kidul biasanya kita langsung berpikir tentang daerah yang tandus, kering dan kekurangan air. Namun setelah membaca dan melihat beberapa foto dibawah ini, pasti kita baru percaya Gunung Kidul tidak separah yang kita bayangkan. Bahkan menyimpan banyak aset wisata yang nantinya saya yakin akan menjadi top destination berikutnya di Yogyakarta selain hanya malioboro, Prambanan, dan sebagainya.

Sri Gethuk / Slompret yang terletak di Desa Bleberan, Playen, Gunung Kidul. Disebut Slompret karena kata penduduk setempat sering terdengar suara terompet yang bersumber dari air terjun dan sungai di dekatnya. Tapi waktu dicari tidak pernah ketemu. Karena bunyinya mirip terompet, maka disebutlah dengan Slompret. Saya pikir masuk akal ada bunyi tersebut, mengingat daerahnya merupakan tebing tinggi yang dibelah sungai, sehingga memungkinkan angin lewat berhembus dan menjadikan suara seperti itu. Sayangnya pas saya kesana, saya nggak dengar suara yang dimaksud.

Perlu waktu 1.5 jam dengan kecepatan santai naik mototr menuju kesana. Saya sarankan Anda naik kendaraan sendiri, boleh motor atau mobil. Dengan kendaraan offroad yang shocknya empuk, lebih nyaman tentunya karena medan di dekat sana cukup terjal. Dari Jogja kita bisa naik ke arah Wonosari dulu. Nanti begitu tiba di atas, bisa nanya ke orang setempat arah ke Playen. Setelah masuk Playen nanti bisa tanya lagi arah ke Desa Bleberan. Dari desa ini sudah banyak tanda masuk menuju ke air terjun.

Jalan dari Jogja-Bleberan aspal mulus. Namun selepas itu jalan berbatu yang keras dan terjal cukup menulitkan. Shock motor saya sampai merana untuk bisa kesana. Namun semua terbayar begitu sampai disana. kalau hujan, mendingan jangan kesana deh. Saya yakin jalan berbatu campur lumpur disini bakal membuat Anda terpeleset.

Bayar tiketnya murah, karena hanya dikelola penduduk setempat. Dari loket ini masih harus jalan jauh untuk menuju lokasi. Yang naik motor bisa ke arah kanan yang lebih singkat. Yang naik mobil bisa lurus karena jalannya lebih mudah.

tanpa panjang lebar lagi. Silakan cek gambar2 dibawah ini





Spoiler for Jalan tandus selepas loket:






Spoiler for Jalan setapak dan hulu air terjun:











Spoiler for sawah hijau:


Nggak nyangka ada sawah subur di daerah seperti ini. Setelah sebelumnya capek melihat daerah yang tandus pada waktu perjalanan, mata dibikin segerr melihat pemandangan hijau seperti ini. Untung datang kesana pas ada sawahnya.
















Spoiler for sungainya:














Spoiler for air terjunnya:












Spoiler for bisa buat lokasi foto, prewed, dsb:









Ini hanya sebagian foto yang dari ratusan foto yang saya ambil. Saya pikir foto-foto diatas hanya bisa sedikit mengungkapkan keindahan aslinya, jadi mending Anda datang sendiri kesini untuk membuktikannya. Inilah salah satu bukti bahwa banyak “surga tersembunyi” di Yogyakarta, bahkan Indonesia. Dan ini juga membuktikan bahwa potensi wisata di daerah Gunung Kidul sebenarnya sangat buanyak. Kan sudah pada bosan kalau wisata ke Jogja hanya ke Kraton, Prambanan atau Malioboro.

SEKALI LAGI :
Kalau pas kesana, jangan meninggalkan sampah secuil apapun. Juga janga sampai meninggalkan tanda, coretan, tulisan atau noda apapaun. Vandalisme hanya membuat Anada bangga sepersekian detik. Namun mengecewakan orang lain bertahun-tahun hingga anak cucu kita.

Mari lebih menghargai alam. dan mencintai negeri kita.

Spoiler for Rute:


1. Dari Jogja langsung menuju arah Wonosari.
2. Setelah sampai di Pathuk, tanya saja orang setempat arah ke Playen
3. Setelah sampai Pasar Playen, ada pertigaan, ambil yang ke kanan (yg ke arah paliyan).
4. Dari pertigaan tadi, ambil jalan pertama yang ke kanan (ke arah Bleberan), atau pas di pasar Playen tadi, tanya saja arah ke desa Bleberan).
5. kalau sudah masuk Bleberan, ikuti aja jalan utama, sampai disini nanti sudah mulai ada papan nama menuju air terjun Sri Gethuk / Slompret.
6. Semoga sampai dengan nyaman gan




http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9396226

0 komentar:

Poskan Komentar