twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

hari raya idul fitri kemungkinan mundur

mudah mudahan tidak repost



[img]







penjelasan

Prediksi Awal Bulan Syawwal 1432 Hijriyah



Oleh : Mutoha Arkanuddin



Diposting oleh : admin



Pada 9 Agustus 2011







Lebaran tahun ini dikhawatirkan akan berbeda hari antara penetapan pemerintah (Isbat) yang diperkirakan menetapkan 1 Syawwal 1432 H jatuh pada Rabu (31/8) dengan keputusan Muhammadiyah yang sejak awal menetapkan 1 Syawwal jatuh pada Selasa (30/8). Hal ini juga terlihat dari kalender mereka yang mencantumkan tanggal 1 Syawwal yang berbeda dengan kalender resmi pemerintah. Sementara NU, Persis dipastikan akan mengikuti keputusan pemerintah yaitu berlebaran pada Rabu (31/8) karena secara kebetulan berdasarkan kriteria yang mereka gunakan menghasilkan kesimpulan yang sama.







Senin (29/8) sore merupakan saat pelaksanaan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan Syawwal 1432 Hijriyah. Sore itu untuk wilayah Yogyakarta, Matahari terbenam pada pukul 17:38 WIB pada azimuth 279° 22' atau 9,3° di Utara titik Barat. Tinggi Hilal (Bulan) saat Matahari terbenam 1,8° di atas horizon di Selatan Matahari. Bulan terbenam pada 17:47 WIB pada azimuth 273°12'. Pada kondisi ini secara astronomis Hilal mustahil dapat dirukyat. Lalu kenapa berangkat rukyat? Ya setidaknya memastikan hilal tidak terlihat.



RHI Yogyakarta merencanakan akan melakukan rukyatul hilal bersama Tim BHR DIY di POB Bela-belu Parangkusumo Yogyakarta pada Senin, 29 Agustus 2011 dan Selasa, 30 Agustus 2011 di POB Bela-belu Parangkusumo, Bantul Yogyakarta. Seperti halnya tahun lalu, tahun ini juga RHI menjadi salah satu Tim rukyat nasional dari 14 lokasi Rukyat Nasional di Indonesia kerjamasama antara BHR Kemenag DIY, Telkom DIY, Kominfo dan Bosscha. Hasil Streaming online Hilal 2011 ini dapat dilihat di website berikut :



.: http://hilal.kominfo.go.id .:. http://bosscha.itb.ac.id/hilal .:. http://rukyatulhilal.org .:





hasil ini merupakan masih perkiraan

sumber :http://rukyatulhilal.org/



perbedaan sudah biasa dalam penentuan 1 syawal di indonesia, marilah perbedaan ini dijadikan momentum kebersamaan dan toleransi umat beragama



ane gak mau apa-apa klau agan berkenan sekiranya di rate atau ane berterimah kasih bila dikasih cendol

0 komentar:

Posting Komentar