twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

bahaya teknologi tahun ini

5 Ancaman Cyber 2010 yang Masih Mengintai - Tekno BorneoBerbagai ancaman cyber marak terjadi sepanjang 2010, beberapa di antaranya malah melibatkan perusahaan besar seperti Google dan Facebook. Berikut adalah lima ancaman yang dikutip detikINET dari PC World, Selasa (28/12/2010).

Ancaman via Google Street View

Layanan Google yang bertajuk Street View, ternyata juga diklaim memiliki celah yang bisa dimanfaatkan oleh para cracker. Konon, data yang keluar masuk melalui aplikasi tersebut tidak terenkripsi dengan baik sehingga membuka peluang untuk pencurian email dan password.

Serangan 'Domba Api'

Menggunakan Wi-fi publik yang tidak terenkripsi menjadi salah satu hal yang patut diwaspadai. Pasalnya, ada sebuah add-ons khusus untuk Firefox bertajuk Firesheep yang memungkinkan pencurian data melalu akses hotspot.

Mobile Malware

Serangan malware pada ponsel pintar kini semakin ganas dan patut diwaspadai. Bahkan menurut Kaspersky, di Rusia kerugian akibat malware mencapai USD 500 ribu tiap bulannya di sepanjang 2010.

Pengintai di Facebook

Tak dipungkiri lagi jika banyak dedemit maya yang coba menyerang para pengguna Facebook, salah satunya dengan cara membuat aplikasi yang menarik di situs jejaring sosial paling tersohor tersebut.

Selain melalui aplikasi, bocornya data melalui Facebook juga bisa terjadi melalui iklan. Ketika pengguna mengklik sebuah iklan, bisa jadi secara otomatis tautan web tersebut mengirimkan unique id yang berisikan detail informasi seperti agama, jenis kelamin, hobi, dan lainnya.

Layanan Berbasis Lokasi

Layanan berbasis lokasi seperti Facebook Places, Foursquare, dan Gowalla memungkinkan pengguna menginformasikan keberadaan mereka dan aktifitas yang telah dilakukan. Waspadalah, ini memungkinkan seseorang untuk melacak keberadaan Anda secara diam-diam. ( eno / fyk )

0 komentar:

Posting Komentar