twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Cara Mengelola Keuangan Yang Baik dan Benar

Mengelola keuangan pribadi, rumah tangga, usaha ataupun perusahaan sangat diperlukan agar uang dapat dipergunakan dengan efektif dan tepat sasaran. Jangan sampai uang yang kita penya dialokasikan ke tempat yang bukan semestinya. Untuk itu beberapa tips cerdas mengelola keuangan berikut moga bisa membantu anda.


Tentukan pengeluaran wajib
Diantara banyaknya kebutuhan hidup, sebenarnya ada kebutuhan pokok yang wajib kita beli dan ada juga yang tidak wajib tapi hanya sebatas pelengkap. Beberapa contoh dari pengeluaran wajib di rumah tangga adalah membeli beras, minyak goreng, bayar listrik, cicilan rumah, membayar SPP anak dan sebagainya. Tentukan apa saja yang menjadi pengeluaran wajib, dan alokasikan uang anda untuk memenuhinya terlebih dahulu dari pada kebutuhan lainnya.

Pisahkan tempat penyimpanan uang
Pemisahan tempat uang untuk beberapa alokasi dimaksudkan untuk memudahkan pengontrolan. Misalnya alokasi uang untuk pengeluaran wajib disimpan dikotak biru, uang untuk pengeluaran tidak wajib dikotak merah. Jika terlihat uang menipis berarti anda bisa mendapat isyarat agar diadakan penghematan, penambahan income atau anda bisa memindahkan alokasi dana yang kurang penting ke kebutuhan yang lebih penting terlebih dahulu.

Sabar dalam membeli barang
Barang yang akan anda beli mungkin belum sangat mendesak untuk digunakan saat ini. Misalnya sebuah handphone baru, kalau anda masih mempunyai handphone yang masih bisa dipakai maka anda sebenarnya tidak perlu memaksakan agar membelinya sekarang. Lebih baik dialokasikan dulu ketempat yang lebih bermanfaat. Kunci kebahagiaan bukan dengan gemerlapnya harta tapi dari sikap hidup sederhana baik dalam keadaan kaya maupun keadaan miskin. Kalau anda hidup sederhana maka rasa cukup akan dirasakan didalam hati anda.

Sisihkan uang untuk sedekah
Inilah cara paling jitu untuk keluar dari masalah keuangan. Dengan memberi sedekah maka anda telah membuka lebar jalan rizki yang akan tercurah kepada anda. Penghematan keuangan, penambahan usaha sampingan dan sebagainya hanyalah solusi sementara karena kebutuhan anda makin hari akan makin meningkat sehingga anda akan dirundung gelisah setiap saat. Maka bersedekahlah maka Allah swt. akan memberikan anda jalan rizki yang tidak disangka-sangka dan keberkahan akan datang dalam kehidupan anda.

0 komentar:

Poskan Komentar