twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Cara menghindari email spam



Karena jumlah e-mail spam atau junk mail yang sangat banyak dan isinya biasanya hanya berupa promosi, iklan hingga gangguan dan penipuan, maka perlu dilakukan langkah preventif untuk mencegah e-mail seperti itu membanjiri kotak surat elektronik Anda. Bahkan sering kali e-mail tersebut kadang masuk ke dalam folder Inbox karena sistem anti-spam salah mengenali e-mail tersebut. Langkah apa saja yang harus dilakukan agar terhindar dari e-mail spam atau junk mailini?



  • Abaikan E-mail Spam

    Langkah paling mudah adalah abaikan e-mail yang isinya seperti yang diuraikan pada penjelasan sebelumnya atau dari orang yang tidak dikenal. Jika Anda menjawab atau membalas e-mail tersebut, maka selanjutnya Anda akan dibanjiri dengan penawaran dan jenis penipuan melalu e-mail lainnya. Biasanya jika Anda membalas atau menjawab, maka e-mail Anda akan dianggap sebagai aktif sehingga para penyebar spam akan lebih aktif lagi mengirimi e-mail.

  • Hindari Forward

    Hindari melakukan forward atau meneruskan e-mail secara sembrono. Jika Anda menerima e-mail yang menarik atau lucu, lalu ingin meneruskan kepada teman-teman Anda, cukup masukkan nama teman-teman Anda di bagian BCC. Dengan demikian, alamat e-mail teman-teman Anda akan terlindung dari para penyebar spam atau spammer. Hapuslah juga daftar nama e-mail yang muncul di bagian isi e-mail sebelum Anda meneruskan e-mail tersebut. Selain itu, kebiasaan sering meneruskan e-mail demikian bisa membuat lalu lintas data semakin berat.

  • Berhati-hati di Berbagai Situs Web

    Berhati-hatilah saat mendaftarkan e-mail Anda ke situs web yang tidak diketahui reputasinya. Hindari mengisi form isian yang meminta informasi pribadi dan e-mail Anda jika berasal dari e-mail ataupun situs web yang tidak Anda kenali. Jangan klik link di e-mail Anda secara sembarangan yang akan membawa Anda ke situs phising sehingga Anda bisa benar-benar terjebak dan tertipu.

  • Buat E-mail Anda Tetap Rahasia

    Jangan mencantumkan alamat e-mail di blog atau situs web, jika Anda tidak ingin diganggu oleh para penyebar spam atau spammer. Biasanya paraspammer memiliki sistem otomatis yang akan langsung mengirim e-mailspam ke alamat setiap e-mail yang dijumpai dalam halaman blog atau situs web. Namun, jika Anda bertujuan untuk menjual produk di Internet atau berbisnis, gunakan e-mail khusus yang berbeda dengan e-mail pribadi Anda.

  • Buat Beberapa Alamat E-mail

    Langkah lain adalah membuat beberapa alamat e-mail. Satu alamat e-mail pribadi, satu alamat e-mail untuk milis dan mendaftar di berbagai situs (e-mail ini yang akan menampung banyak spam), dan satu lagi alamat e-mail untuk bisnis.

  • Gunakan Sistem

    Anda dapat menggunakan sistem baik software maupun hardware untuk menghindari berbagai e-mail spam. Sistem ini dapat membuang berbagai e-mail yang dicurigai sebagai spam.


Berkirim e-mail memang salah satu cara paling mudah berkomunikasi dengan orang lain pada era teknologi saat ini. Namun, tetap gunakan e-mail tersebut secara berhati-hati. Jangan sampai Anda menjadi korban penipuan karena tindak kejahatan yang semakin marak di dunia online.

0 komentar:

Poskan Komentar