twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Mengapa Alat Elektronik Otomatis Lebih Banyak Menggunakan Suara Wanita

PARA ilmuwan kini menemukan alasan kenapa suara wanita mendominasi perangkat komputer otomatis.

woman-operator-with-headphone-

Sebuah studi menunjukkan jika kebanyakan orang lebih suka mendengarkan suara wanita ketimbang suara pria.

“Lebih sering menemukan orang yang lebih menyukai suara wanita ketimbang suara pria ,” kata Profesor Clifford dari Universitas Stanford, Amerika Serikat, seperti dilansir Daily Mail.

Hal ini bisa jadi disebabkan karena perkembangan otak manusia sudah dipengaruhi suara wanita sejak masih dalam kandungan ibunya. Sehingga lebih terbiasa dengan suara wanita daripada suara pria.

Jawaban lainnya ditemukan lewat sejarah. Menurut beberapa sumber, penggunaan suara wanita dalam sistem navigasi dimulai pada Perang Dunia 2 ketika suara mereka lebih dipekerjakan diantara pria yang bekerja sebagai pilot.

Operator telepon pun kebanyakan wanita yang mayoritas membuat orang terbiasa untuk meminta bantuan dari wanita meskipun hanya lewat suara saja.

“Ketika para produsen mesin pertama kali memasang kendali suara otomatis di mobil beberapa dekade lalu, penelitian konsumen mereka menunjukkan bahwa orang-orang jauh lebih senang dan memilih suara wanita daripada suara pria,” kata Tim Bajarin yang menjabat sebagai analis dan presiden di Creative Strategies Inc.

Mungkin beberapa hal tersebut bisa menjelaskan mengapa sistem navigasi Global Positioning System (GPS) dipasaran--kecuali di Jerman--mayoritas memakai suara wanita.

0 komentar:

Poskan Komentar