twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Macam-macam mental tak baik warga indonesia

Menyadari kesalahan sendiri memang sulit.
Begitu pula mengobatinya.
Apalagi untuk seseorang yang kalau menemui kesalahan langsung menghindar tanpa tanggung jawab & kesadaran.

Dan Inilah Penyakit2 orang Indonesia yang bisa merusak negeri ini sendiri.
1. Orang Indonesia Maunya Instant.
 12 Penyakit mengerikan dari negeri kita


Ayolah, jangan malas gan.
Jangan maunya apa2 langsung jadi tanpa usaha.
Selalu mengambil jalan singkat demi kepuasan & kebutuhan.
Segala cara dihalalkan & penuh kepura-puraan.
Contoh: (ga usah jauh2) Junker kaskus.
2. Sifat Orang Indonesia Adalah Pelanggar Peraturan. (Cuek Peraturan)
 12 Penyakit mengerikan dari negeri kita


Salah satu hal, Gw alamin sendiri di kehidupan gw.
Waktu lampu merah, jalanan sepi, temen gw bilang “Ya elah, kayak bocah aje lu… Udah tancaaaappp…..”
Bukan berarti kalau ada kesempatan, terus kita manfaatkan.
Jangan mencari kesempatan dalam kesempitan.

Apa iya patuh peraturan itu seperti anak kecil?
3. Cara Pikir Yang Pendek & Singkat.
 12 Penyakit mengerikan dari negeri kita


Ini kaitanya dengan orang yang malas berpikir.
Asal ketemu kasus, LANGUSNG main gerak / main ngomong, tanpa pikir panjang.
Jangan hanya lihat bungkusnya, gan.
Gunakan akal budi, logika, pemikiran, dan mind map.
INGAT!!!
Masalah itu yang nampak hanya “A”.
Tapi “A” itu ada banyak.
Ada AB, AC, AD, dan seterusnya.
Telusuri masalah sampai semuanya terbongkar.

Dan coba agan berpikir tidak hanya untuk 5 menit atau 1 jam ke depan.
Berpikirlah 1 tahun, 5 tahun, 10 tahun, bahkan 100 tahun ke depan tentang apa yang mungkin terjadi, apa yang harus dilakukan, apa bentuk penyesalan, apa persiapanya, dan bagaimana menanggulanginya.
4. Lebih Senang Menjadi Orang Rusak.
 12 Penyakit mengerikan dari negeri kita


Kenapa & apa alasanya kok jadi orang rusak itu bangga?
Apa yang dibanggakan?
Kenapa kena narkoba malah bangga?
Kenapa jadi orang sok jagoan malah bangga?
Kenapa sering bolos kok bangga?
Kenapa ngelawan guru/orang tua kok dibilang sangar?
Kenapa jadi preman dibilang keren?
Kenapa freesex dibilang gaul?

Alasan tanpa alasan: Jaman sudah modern gan.
5. Suka Menyerap Pelajaran Buruk.
 12 Penyakit mengerikan dari negeri kita


Kita ambil satu contoh:Apa yang anda bayangkan dari “JEPANG”
Jawaban sekarang:
“Orang Jepang aja kalo pacaran pasti cipok2an, tidur2an, pokoknya cuek bangat lah.”


Kenapa jawabanya bukan yang ini?
“Orang Jepang kalau buang sampah itu selalu ditempatnya, kalo ga ada tong sampah kantongin dulu sampe ada tong sampah.”
atau
“Orang Jepang kalau ga bisa sesuatu, pasti belajar untuk bisa, ga pernah bilang MALES untuk jadi bisa”

Kenapa sih yang diserap selalu hal yang bobrok?
Kenapa kalau ga ada pelajaran baik ga pernah dicerna?
6. Bertingkah Dahulu, Menyesal Belakangan.
 12 Penyakit mengerikan dari negeri kita

Ini ada kaitanya dengan yang nomor 3.
Segala sesuatu sebaiknya dipikir dulu, sebelum dilakukan.
Jangan mencari aksi tanpa memakai aturan & berpikir sebelumnya.
Karena Penyesalan Selalu Datang Terlambat.
7. Sulit Sadar & Mengakui Kesalahan Sendiri.
 12 Penyakit mengerikan dari negeri kita


Ini dia nih, penyakit orang sok jagoan & anak gaul jaman sekarang.
Biar kesannya bernyali, berani, atau sangar.
Udah tau berbuat salah, malah balik nantang.
Udah salah malah ngeledek.
Udah salah malah alesan.
Udah salah malah ngelak.
Itu menandakan bahwa orang tersebut belum mempunyai jiwa untuk bertanggung jawab atas kesalahan yang mereka perbuat.
8. Cenderung Mengada-ada/Mengarang Hak Asasi Sendiri.
 12 Penyakit mengerikan dari negeri kita


Kita ambil satu contoh:
“Mau ML kek, mau apa kek, itu hak gw, terserah gw.” (WTF)
Semenjak kapan sex di luar nikah jadi hak asasi?
Mari kita berhenti mengada-ada hak asasi sendiri untuk menutupi kesalahan.
9. Menyalahgunakan Arti Kebebasan. (Tidak Mengerti Arti Kebebasan)
 12 Penyakit mengerikan dari negeri kita


Contoh:
#
“Motor motor gw, gw yang beli, suka2 gw mau ngebut, mau tabrakan.”
#
“Gw sekolah bayar, duit duit gw, suka2 gw mau ngapain.”
#
dsbIye!!!
Itu motor lo, duit lo, badan lo, otak lo.
Trus maksudnya bebas ga pake aturan gitu?

Sebaiknya jangan sok berdemokrasi kalau tidak mengerti artinya demokrasi & kebebasan gan.
10. Ikut-Ikutan Arus & Tidak Punya Pendirian.
 12 Penyakit mengerikan dari negeri kita


Negara udah ancur, lingkunganya ancur, orang2nya udah gitu semua. Sekalian aja ikut2.
SALAH BESAR.
Bedakan diri anda dari orang2 disekitar anda.
Jangan ada orang nyemplung jurang lalu kita ikut2 nyemplung.
11. Suka Membuat & Mengarang Peraturan Sendiri.
 12 Penyakit mengerikan dari negeri kita


Hampir sama dengan nomor 8, hanya saja ini peraturan yang dibuat-buat agar mendapatkan posisi enak.
12. Tidak Ada Usaha Memperbaiki Diri.
 12 Penyakit mengerikan dari negeri kita


Dengan salah satu kebiasaan buruk seperti berkata, “ah gampang, besok2 juga masih bisa”, kejelekan dari nomor 1 sampai akhir akan terus menumpuk dan jadilah generasi yang bobrok & rusak.

Salah satu jalanya adalah bagaimana caranya bisa berubah & tidak malas untuk berpikir.

0 komentar:

Poskan Komentar