twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Otak Lebah Lebih Canggih dari Prosesor Komputer




Inggris - Jangan pernah meremehkan lebah. Mahluk mungil seukuran satu ruas jari ini terbukti mampu menyelesaikan soal matematis yang kompleks dalam sekejap.

Dari penelitian Universitas London, ilmuwan mendapati lebah mampu menempuh jarak terdekat antar bunga yang berbeda. Tes ini serupa dengan "Problem Perjalanan Salesman" yang menuntut seseorang menemukan jalan tersingkat untuk mencapai lokasi-lokasi tertentu.


"Waktu berpikir lebah dalam menentukan rute mengalahkan komputer," kata Nigel Raine, pakar biologi dari Royal Holloway Universitas London, seperti dikutip Guardian. Menurutnya, dengan otak yang hanya seukuran biji rumput, lebah mampu menentukan jarak terdekat setiap bepergian. "Mereka membutuhkan banyak tenaga saat terbang, sehingga harus mengambil jarak terdekat untuk menghemat tenaga," katanya.


Kecepatan berpikir lebah dalam menentukan arah gerak jelas mengalahkan manusia, yang membutuhkan bantuan alat-alat modern seperti informasi internet untuk mencapai suatu titik di kotanya. "Meski otak lebah sangat kecil, mereka memiliki kemampuan luar biasa," ujar Raine. "Kita harus mencari tahu bagaimana mereka bisa memecahkan 'Problem Perjalanan Salesman' tanpa komputer."(tempointeraktif.com)

0 komentar:

Poskan Komentar